Kamis, 30 September 2010

PENDIDIKAN UNTUK ANAK CERDAS ISTIMEWA DAN BERBAKAT ISTIMEWA

Sekarang ini banyak sekali diadakan kelas untuk anak berbakat (gifted child) atau biasa disebut kelas akselerasi. Anak gifted diartikan sebagai anak berbakat khusus. Istilah Anak Gifted atau berbakat sudah sering di dengar, namun klasifikasi atau kategori dari anak Gifted itu sendiri masih kurang jelas dan mendalam kita ketahui dan pahami. Bahkan, Anak-anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa di jamin dalam pasal 5 ayat 4 undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional juga menyatakan bahwa warga negara yang mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.
banyak dari kita tidak mengetauhi yang namanya orang pintar dan orang cerdas,yang kita tahu mereka ini sama saja. ada beberapa pembanding antara orang pintar dan orang cerdas. pembandingan di anatar mereka (pintar dan cerdas) dapat di lihat dari cara menjawab mereka masing-masing dimana orang pintar dapat menjawab sebuah pertanyaan dengan benar tanpa harus mempertanyakan sebuah pertanyaan yang dia dapat,berbanding terbalik dengan orang cerdas sebelum dia menjawab pertanyaan tersebut dia mampu menanyakan pertanyaan tersebut kepada sang penanya. ada 3 elemen yang sangat mempengaruhi antara ke 2 nya yaitu :1.keluarga 2.lingkungan 3.sekolah . dimana keluarga yang sangat berperan dalam mengembangkan daya pikir mereka,sebelum mereka terjun langsung di lingkungan sekitar dan sekolah,apabila pendidikan yang mereka dapat di keluarga sudah bagus maka mereka juga akan siap menerima pendidikan di luar sana. banyak yang harus kita perhatikan sebagai pendidik untuk menghadapi anak-anak gifted di antaranya kita harus dapat menyiapakan metode belajar yang juga dapat di terima sama anak-anak cerdas dan pintar agar tidak terjadi diskriminasi di antara mereka,kita siapa menerima pendapat dari mereka apabila layanan yang sudah kita berikan kepada mereka kurang tepat,menyiapakan kurikulum khusus untuk anak-anak gifted. 

Rabu, 22 September 2010

paradigma baru dunia pendidikan

rabu, 21 September 2010

Paradigma adalah pandangan mendasar dari suatu disiplin ilmu tentang apa yang menjadi pokok persoalan (subject matter) yang semestinya dipelajari. serta aturan-aturan apa yang harus diikuti dalam menginterpretasikan informasi yang harus dikumpulkan dalam menjawab persoalan-persoalan tersebut.
dan kunci dalam mencapay ke suksesan memerlukan :
  • kemauan
  • kemampuan
  • tidak boleh curang
selain kunci diaats kunci ke suksesan lain yaitu profesional dalam bidang yang kita tekuni,dan transfaran pun sangat di butuh kan dam menggapay kesuksean.Seseorang yang sukses membutuhkan kempuan yg menonjol dalam satu bidang jika kita ingin sukses kita harus berani beda dengan orang lain.

Selasa, 21 September 2010

pengembangan prifesi untk perencanaan

Pengembangan Untuk Profesi Perencanaan Kota dan Wilayah Oleh : Irwan Prasetyo – IAP Tulisan ini dibuat untuk mengulas tentang Profesi Perencanaan Wilayah dan Kota, kaitannya dengan upaya yang diperlukan oleh Asosiasi atau Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) untuk meningkatkan kiprahnya dalam pembangunan di Indonesia. Pertama, marilah kita meninjau terlebih dahulu definisi-definisi dan situasi yang ada sebagai berikut: Apa yang dimaksud Profesi di bidang perencanaan? Profesi perencanaan wilayah dan kota atau urban/city and regional planning adalah profesi yang dinamis yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat/komunitas dalam mewujudkan suatu wilayah yang berazaskan kenyamanan, keadilan, sehat lingkungan dan atraktif untuk generasi sekarang dan yang akan datang. Perencanaan dapat memperkuat para pemimpin-pemimpin masyarakat dan bisnis untuk menjalankan peran yang baik dalam mewujudkan komunitas yang sejahtera. Perencanaan yang baik, membantu mewujudkan komunitas untuk memiliki pilihan tentang dimana dan bagaimana mereka akan menjalani kehidupan. Juga membantu komunitas memiliki visi tentang arah perkembangan dan menemukan keseimbangan antara perkembangan pembangunan, inovasi yang kreatif dengan pelayanan utama, dan perlindungan lingkungan. Apa yang dilakukan seorang perencana? Perencana professional akan membantu membentuk visi yang menyeluruh bagi suatu komunitas. Mereka melakukan riset, disain dan mengembangkan program-program, memimpin proses publik, merencanakan perubahan sosial, melakukan analisa teknis, mengelola dan melakukan edukasi. Spesialisasi apa saja dalam Profesi Perencanaan? Pada umum perencana melakukan pekerjaan pada satu atau lebih lingkup spesialisasi. Beberapa perencana menjalani seluruh karirnya dalam salah satu aspek, ada juga yang bergerak di antara aspek-aspek spesialisasi, juga mengkombinasi aspek spesialisasi seperti tersebut di bawah ini: Community Development, Tata Guna Lahan, Perencanaan Transportasi, Lingkungan Hidup, Ekonomi Pembangunan, Urban Design, Manajemen Publik, Permukiman, Pariwisata, dan Pemberdayaan Masyarakat.
2
Dimana para perencana bekerja? Perencana ada di setiap negara di dunia, mereka bekerja di wilayah pedesaan, di pinggiran kota, maupun di kota-kota besar. Di Indonesia, dengan berbekal dasar-dasar pengetahuan perencanaan suatu daerah dari skala mikro sampai makro (site planning, urban planning, regional planning) ataupun dari interest-nya (transportation, land use, economics, sociology, tourism dll), mereka bekerja dan berfungsi dalam pemerintah daerah, provinsi dan nasional. Mereka juga bekerja dalam lembaga swadaya masyarakat, sektor swasta, pada developer real estate, dan konsultan perencanaan/multi disiplin. Skill/Kemampuan apa yang perlu dimiliki Perencana ? Melihat luasnya spektrum kerja dari profesi perencana, perlu dilihat kemampuan apa saja yang diperlukan oleh perencana agar dapat mempertajam keandalan dan dapat menunjukkan kiprah di antara profesi-profesi lain. American Planning Association, APA menyimpulkan sebagai berikut: Selain pendidikan formal, seorang perencana perlu memiliki kombinasi skill yang menunjang sukses mereka secara professional. Karena perencanaan adalah profesi yang dinamik dan diversed, kemampuan individu bervariasi bergantung pada peran dan area spesialisasi. Perencana diharapkan memiliki kombinasi dari skill antara lain berikut:
1. Pengetahuan tentang struktur spasial kota/tata ruang atau desain fisik dan bagaimana system perkotaan bekerja;
2. Kemampuan untuk menganalisa informasi demografik dan melihat kecenderungan yang terjadi pada populasi, tenaga kerja, tingkat kesehatan;
3. Pengetahuan tentang penyusunan rencana dan evaluasi proyek;
4. Menguasai teknik melibatkan masyarakat luas dalam pengambilan keputusan;
5. Mengetahui proses dan program pemerintah kota, kabupaten, propinsi dan nasional;
6. Mengetahui dampak lingkungan dan sosial terhadap komunitas dari suatu keputusan perencanaan;
7. Kemampuan untuk bekerja dengan publik dan mengartikulasikan issue perencanaan dengan berbagai lapisan masyarakat;
8. Kemampuan untuk berfungsi sebagai mediator atau fasilitator pada saat terjadi konflik dalam masyarakat;
9. Mengerti tentang dasar hukum tata ruang dan tata guna lahan;
10. Mengerti tentang interaksi antara ekonomi, transportasi, pelayanan masyarakat dan peraturan guna lahan;
11. Kemampuan untuk mengatasi masalah dengan keseimbangan antara kompentensi teknis, kreatifitas dan pragmatism;
12. Kemampuan untuk melihat alternatif pada lingkungan sosial dan fisik;
13. Menguasai teknologi dan perangkat lunak yang berkaitan dengan perencanaan a.l geographic information system.
3
Pengembangan Untuk Profesi dalam Perencanaan Kota dan Wilayah Melihat aspek-aspek skill /kemampuan yang dibutuhkan di atas, merupakan fokus dan perhatian dari IAP untuk turut aktif meningkatkan dan mempertajam kemampuan para anggota agar para perencana dapat mengkontribusikan energi dan kemampuan dalam pembangunan masyarakat dan negara ini, secara lebih meningkat dan profesional. Program-program seminar, pertemuan ilmiah dan penerbitan jurnal profesional perlu dilakukan secara terus menerus, agar para anggota selalu dapat bertukar pengalaman dan ilmu. Merupakan hal yang patut disayangkan bila ilmu dan pengalaman-pengalaman tidak dibagikan kepada satu sama lain, karena bila demikian, para perencana di Indonesia hanya meningkatkan kemampuannya berdasarkan perkembangan ilmu dan pengalaman diri sendiri saja and they do this the hard way. Semoga para perencana di Indonesia semakin dapat bersinergi di masa yang akan datang. (sebagian besar disadur dari American Planning Association, APA

Jumat, 03 September 2010

cinta luar biasa

msh Q ingat seLalu
saaT kaw berjanji pda Q
takn pernh ada cinta yg lain

pi semua berbeda saAt kaw knali drinya

sdarkh drimu drIQ terluka saat kaw sebt namanya
Q memang mnUsia biaSa yg tak sempurna dan kdng slh namun d hti Q hya stu cInta unTk mu lUar biasa
dmna kh drimu yg dulu cInta Q kmnakh drimu yg slalu merindukn Q

Kamis, 02 September 2010

Ungu Q

SUARA HATI LAGU Q brkta:
SAT INDAH BERSAMAMU adlh sat pling menynangkn dlm hdup Q
DEMI WKT dri Q seaKAn MELAYANG tnggi ke TEMPAT TERINDAH yg ada d SURGA HATImu
nmun 7IKA ITU YG TRBAIK tuk drimu memiliH CINTA YG LAIN
& ANDAI Q TO Q BKN PILIHAN HATImu

acara kohati korkom UNJ

seru plus cpe acara seminar kohati unj pi sangat menyenagkn
karna bisa ketemu alumni''kohati yg dah sukses''
moga''nular ma w

Rabu, 01 September 2010

nenden choerunnisa

it's me nenden choerunnisa
mahasiswa Universitas Negeri Jakara
jurusan ISP prodi pend.PPKN semester