Kamis, 30 September 2010

PENDIDIKAN UNTUK ANAK CERDAS ISTIMEWA DAN BERBAKAT ISTIMEWA

Sekarang ini banyak sekali diadakan kelas untuk anak berbakat (gifted child) atau biasa disebut kelas akselerasi. Anak gifted diartikan sebagai anak berbakat khusus. Istilah Anak Gifted atau berbakat sudah sering di dengar, namun klasifikasi atau kategori dari anak Gifted itu sendiri masih kurang jelas dan mendalam kita ketahui dan pahami. Bahkan, Anak-anak Cerdas Istimewa dan Berbakat Istimewa di jamin dalam pasal 5 ayat 4 undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional juga menyatakan bahwa warga negara yang mempunyai potensi kecerdasan dan bakat istimewa berhak memperoleh pendidikan khusus.
banyak dari kita tidak mengetauhi yang namanya orang pintar dan orang cerdas,yang kita tahu mereka ini sama saja. ada beberapa pembanding antara orang pintar dan orang cerdas. pembandingan di anatar mereka (pintar dan cerdas) dapat di lihat dari cara menjawab mereka masing-masing dimana orang pintar dapat menjawab sebuah pertanyaan dengan benar tanpa harus mempertanyakan sebuah pertanyaan yang dia dapat,berbanding terbalik dengan orang cerdas sebelum dia menjawab pertanyaan tersebut dia mampu menanyakan pertanyaan tersebut kepada sang penanya. ada 3 elemen yang sangat mempengaruhi antara ke 2 nya yaitu :1.keluarga 2.lingkungan 3.sekolah . dimana keluarga yang sangat berperan dalam mengembangkan daya pikir mereka,sebelum mereka terjun langsung di lingkungan sekitar dan sekolah,apabila pendidikan yang mereka dapat di keluarga sudah bagus maka mereka juga akan siap menerima pendidikan di luar sana. banyak yang harus kita perhatikan sebagai pendidik untuk menghadapi anak-anak gifted di antaranya kita harus dapat menyiapakan metode belajar yang juga dapat di terima sama anak-anak cerdas dan pintar agar tidak terjadi diskriminasi di antara mereka,kita siapa menerima pendapat dari mereka apabila layanan yang sudah kita berikan kepada mereka kurang tepat,menyiapakan kurikulum khusus untuk anak-anak gifted. 

2 komentar:

Cathy Trisdiana mengatakan...

Setelah membaca artikel diatas, saya sadar akan pentingnya pendidikan bagi anak cerdas istimewa dan bakat istimewa. Karena sebelumnya saya kurang mengerti bahwa bukan hanya anak-anak cacat saja yang harus diperlakukan khusus di sekolah, tetapi anak gifted pun juga harus ditangani khusus. Banyak orang yang masih kurang mengerti klasifikasi anak gifted. Oleh sebab itu banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke kelas biasa dan digabung dengan anak lainnya karena kurangnya pengetahuan akan hal ini. Padahal anak yang tergolong cerdas istimewa dan bakat istimewa tidak bisa diperlakukan seperti kelas umumnya. Anak yang cerdas istimewa dan bakat istimewa ini sangat spesial, karena dapat menangkap pelajaran jauh lebih cepat dari anak biasa lainnya.

Oleh karena itu,kelas akselerasi ini merupakan cara yang efektif untuk anak gifted.

terimakasih

Cathy Trisdiana mengatakan...

saya mau izin copas untuk tugas kuliah yah, sumbernya saya tulis kok :)

Posting Komentar