Senin, 15 November 2010

KINERJA PENDIDIK

Kinerja adalah prestasi yang di capai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya selama periode tertentu sesuai standar dan kriteria yang telah di tetapkan untuk pekerjaan tersebut.

Sedangkan Pendidik dalam pasal 1 ayat 6 UUSPN, pendidik adalah tenaga kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar, widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator dan sebutan lain yang sesuai dengan kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.

Pembelajaran dalam pasal 1 ayat 20 UUSPN, pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendididk dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Kinerja Guru pada dasarnya merupakan kinerja atau unjuk kerja yang dilakukan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik. Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas hasil pendidikan, karena guru merupakan Pihak yang paling banyak bersentuhan langsung dengan siswa dalam proses pendidikan/ pembelajaran di lembaga pendidikan Sekolah. Dan untuk memahami apa dan bagaimana kinerja guru itu, terlebih dahulu akan dikemukakan tentang makna Kinerja serta bagaimana mengelola kinerja dalam upaya mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.

Standar kinerja pendidik
Standar Kompetensi Guru adalah suatu pernyataan tentang kriteria yang dipersyaratkan, ditetapkan dan disepakati bersama dalam bentuk penguasaan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi seorang tenaga kependidikan sehingga layak disebut kompeten. Pendidik harus memenuhi standar kompetensi guru sehingga dapat bisa dikatakan apakah kinerja pendidik sudah baik atau belum dalam pembelajaran.

Komponen kompetensi pengelolaan pembelajaran dan wawasan kependidikan :
A. Sub komponen kompetensi pengelolaan pembelajaran :
1) Menyusun rencana pembelajaran
2) Melaksanakan pembelajaran
3) Menilai prestasi belajar peserta didik
4) Melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik

B. Sub komponen wawasan kependidikan :
1) Memahami landasan kependidikan
2) Memahami kebijakan pendidikan
3) Memahami tingkat perkembangan siswa
4) Memahami pendekatan pembelajaran yang sesuai materi pembelajarannya
5) Menerapkan kerjasama dalam pekerjaan
6) Memanfaatkan kemajuan IPTEK dalam pendidikan

1 komentar:

MINIMALIS MODERN, Architecture of its time mengatakan...

wah, pusing banyak teori, untung gw dulu gk masuk sosial. selmt menghafal deh tu semua teori2 yg mudh2an bermanfaat ke dlm dunia nyata, amin.....

Posting Komentar